Minggu, 18 November 2012

Mengganti Template Joomla

Cara Mengganti Template Joomla

Template merupakan salah satu jenis Extension pada Joomla! yang merupakan fondasi utama untuk membentuk dan menata tampilan halaman web Joomla. Untuk mengganti template pada Joomla! sangat simple dan mudah. Namun sebelum mengganti template, kalian harus menyiapkan terlebih dahulu template dalam bentuk file zip. Kalian dapat mendownload template-template Joomla! gratis di www.joomla24.com atau di joomla2u.net.

Jika kalian sudah menyiapkan template yang diinginkan, maka ikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti template Joomla kalian. Oh ya di tutorial ini saya menggunakan Joomla! versi 1.5.15.

  1. Pertama, login sebagai admin di halaman Joomla! Administration Login.
  2. Setelah masuk halaman administrator Joomla, kita harus meninstall terlebih dahulu template kita ke dalam web server. Caranya pilih menu Extension » install/uninstall.
  3. Pada halaman Extension Manager, browse file template zip kalian. Jika sudah ketemu klik tombol upload file and install.
  4. Apabila proses instalasi berhasil maka akan ada pesan pemberitahuan: Install Template Success.
  5. Selanjutnya masuk halaman Template Manager dengan cara pilih menu Extension » Template Manager.
  6. Setelah itu, aktifkan template kalian yang baru diinstal. Lalu klik ikon Default (bergambar bintang) yang terletak di pojok kanan atas untuk mengganti template lama dengan yang baru.
  7. Apabila proses penggantian template berhasil, maka tanda bintang akan aktif pada template yang dipilih tadi.
    Untuk melihat perubahan template yang digunakan sekarang, klik tombol preview yang terletak di pojok kanan atas.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

//PART 2